Rabu, 03 Juli 2013

Perencanaan dan Tingkat Manajemen


Manajemen adalah puncak dari suatu organisasi, mempunyai tanggung jawab utama untuk melihat apakah perencanaan sudah dilaksanakan atau tidak. Walaupun semua tingkat manajemen terlibat dalam proses perencanaan, manajemen tingkat atas biasanya menggunakan waktu perencanaan yang lebih banyak dibandingkan manajemen tingkat bawah. Manajemen tingkat bawah biasanya lebih terlibat dengan kegiatan operesional dan organisasi, dan karenanya mempunyai waktu lebih sedikit dalam proses perencanaan dibanding dengan manajemen tingkat atas. Manajemen menengah biasanya menggunakan waktu lebih sedikit dibanding manajemen tingkat atas.


A.   Langkah-Langkah Dalam Proses Perencanaan


Proses perencanaan mengandung enam langkah, yaitu :


Ø   Menyatakan Tujuan Organisasi

   Suatu pernyataan tujuan yang jelas perlu, bagi dimulainya suatu perencanaan, karena perencanaan dipusatkan pada bagaimana sistem manajemen akan mencapai tujuan tersebut.


Ø   Memilih Berbagai Cara Alternatif Untuk Mencapai Tujuan

   Tujuan organisasional dinyatakan dengan jelas, wirausahawan hendaknya memuat sebanyak mungkin alternatif yang tersedia untuk mencapai tujuan tsb.


Ø   Mengembangkan Premis Yang Menjadi Dasar Alternatif

   Kelayakan penggunaan setiap alternatif untuk mencapai tujuan organisasional ditentukan dengan premis atau asumsi atsa mana alternatif tersebut didasarkan.


Ø   Memilih Alternatif Terbaik Untuk Mencapai Tujuan

   Suatu evaluasi alternative harus memasukkan evaluasi premis atas mana alternative tersebut didasarkan.


Ø   Pengembangan Rencana Berdasarkan Alternatif Yang Dipilih

   Sesudah alternative dipilih, wirausahawan sesungguhnya mulai mengembangkan rencana-rencananya.


Ø   Memfungsikan Rencana-Rencana ke dalam Tindakan-tindakan

   Sekali rencana telah dikembangkan, rencana tersebut siap difungsikan ke dalam tindakan-tindakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar