Manajemen adalah puncak dari suatu organisasi, mempunyai tanggung jawab utama untuk melihat apakah perencanaan sudah dilaksanakan atau tidak. Walaupun semua tingkat manajemen terlibat dalam proses perencanaan, manajemen tingkat atas biasanya menggunakan waktu perencanaan yang lebih banyak dibandingkan manajemen tingkat bawah. Manajemen tingkat bawah biasanya lebih terlibat dengan kegiatan operesional dan organisasi, dan karenanya mempunyai waktu lebih sedikit dalam proses perencanaan dibanding dengan manajemen tingkat atas. Manajemen menengah biasanya menggunakan waktu lebih sedikit dibanding manajemen tingkat atas.
A. Langkah-Langkah
Dalam Proses Perencanaan
Proses perencanaan mengandung enam langkah, yaitu :
Ø Menyatakan Tujuan
Organisasi
Suatu pernyataan tujuan yang jelas perlu, bagi dimulainya
suatu perencanaan, karena perencanaan dipusatkan pada bagaimana sistem
manajemen akan mencapai tujuan tersebut.
Ø Memilih Berbagai Cara
Alternatif Untuk Mencapai Tujuan
Tujuan organisasional dinyatakan dengan jelas, wirausahawan
hendaknya memuat sebanyak mungkin alternatif yang tersedia untuk mencapai
tujuan tsb.
Ø Mengembangkan Premis
Yang Menjadi Dasar Alternatif
Kelayakan penggunaan setiap alternatif untuk mencapai tujuan
organisasional ditentukan dengan premis atau asumsi atsa mana alternatif
tersebut didasarkan.
Ø Memilih Alternatif
Terbaik Untuk Mencapai Tujuan
Suatu evaluasi alternative harus memasukkan evaluasi premis
atas mana alternative tersebut didasarkan.
Ø Pengembangan Rencana
Berdasarkan Alternatif Yang Dipilih
Sesudah alternative dipilih, wirausahawan sesungguhnya mulai
mengembangkan rencana-rencananya.
Ø Memfungsikan
Rencana-Rencana ke dalam Tindakan-tindakan
Sekali rencana telah dikembangkan, rencana tersebut siap
difungsikan ke dalam tindakan-tindakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar