1. Definisi
- Pengertian manajemen
Manajemen adalah suatu proses
dalam rangka mencapai tujuan dengan bekerja bersama melalui orang-orang dan
sumber daya lainnya.
- Pengertian pemasaran
Pemasaran adalah salah satu
kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi.
Nilai ekonomi itu sendiri menetukan harga barang dan jasa. Faktor penting dalam
menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan konsumsi. Pemasaran
menjadi penghubung antara kegiatan prosuksi dan konsumsi.
Jadi, definsii dari manajemen
pemasaran adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya
berusaha untuk mengidentifikasi apa sesungguhnya yang dibutuhkan oleh konsumen,
dana bagaimana cara pemenuhannya dapat diwujudkan.
2. Unsur-unsur manajemen
pemasaran
1. Orientasi pada konsumen
Didalam konsep pemasaran sebagai
bagian dari manajemen pemasaran merupakan salah satu hal yang menjadi prioritas
utama saat menghasilkan sebuah produk bisnis, Pada hakikatnya usaha bisnis yang
dilakukan merupakan upaya pemenuhan terhadap kebutuhan konsumen. Konsumen
adalah orientasi utama yang harus dipertimbangkan dalam segala macam bentuk
strategi bisnis. Demikian pula terhadap proses marketing, maka mengedepankan
pihak konsumen merupakan strategi bagian dari konsep pemasaran yang harus
selalu doperhatikan. Konsumen adalah raja dan pihak perusahaan adalah pelayan
yang melayani kebutuhan sang raja dengan berbagai tawaran yang menarik baik
dalam hal produk yang dihasilkan maupun pada upaya kegiatan pemasaran.
2. Penyusunan kegiatan-kegiatan
pemasran secara integral atau menyeluruh.
Manajemen pemasaran melalui konsep
pemasaran sebagai bagian dari falsafah bisnis yang dijalankan menghendaki
adanya pengaturan secara dinamis berbagai bentuk penyusunan kegiatan pemasaran
secara lebih menyeluruh. Segala bentuk kebutuhan dalam bidang pemasaran, upaya
strategi, pelaksanaa, penganalisaan, pengawasan dan sebagainya yang menyangkut
dengan kegiatan pemasaran perlu dilakukan secara tersusun, diatur secara detail
dan jelas sehingga akan mempermudah proses pelaksanaan dan pengawasan.
Manajemen pemasaran perlu dilakukan secara tersusun, diatur secara detail dan jelas
sehingga akan mempermudah proses pelaksanaan dan pengawasan. Manajemen pemasaran
menghendaki sebuah upaya yang sistematis yang jelas sehingga bisa dilakukan
analisa dan pengawasan terhadap yang didapatkan. Evaluasi terhadap sebuah
manajemen terhadap hasil yang didapatkan.
3. Kepuasan konsumen
Kepuasan konsumen juga merupakan
salah satu unsur penting yang perlu diperhatikan dalam penyusunan konsep
pemasaran. Manajemen pemasaran yang baik menghendaki adanya hasil kepuasan
konsumen yang maksimal sebagai akibat dari proses marketing yang berjalan baik.
Kepuasan konsumen tidak hanya diukur dari bagaimana cara dan strategi pemasaran
itu dijalankan.
3. Konsep-konsep Pemasaran
Pemasaran dapat lebih mudah
dipahami dengan mengerti beberapa elemen inti dari pemasaran. Secara
konseptual, pemasaran pemasaran sebuah falsafah bisnis yang menyadari
pentingnya keterlibatan seluruh elemen organisasi dalam proses pemenuhan
kebutuhan dan keinginan konsumen sekaligus memenuhi tujuan - tujuan organisasi.
Langkah-langkah yang perlu
diorganisasikan untuk mengaplikasikan konsepsi pemasaran:
1. Menggali informasi mengenai
pasara, potensial maupun aktual. Sudah tersediakah barang/jasa yang mampu
memuaskan kebutuhan dan keinginan pasar? Bagaimana perusahaan dapat
meningkatkan kemampusan produknya untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan
konsumen?
2. Merancang dan mengambangkan program pemasaran
Menyediakan produk yang mampu memuaskan
kebutuhan dan keinginan konsumen
Menetapkan harga produk yang dapat diterima
oleh pasar
Mengkomunikasikan produk kepada konsumen
untuk memposisikan produk dipikiran konsumen
Memberikan jaminan bahwa konsumen dapat memperoleh
produk disaat yang tepat dan ditempat yang tepat pula.
3. Mengevaluasi melalui proses
penggalian informasi mengenai erektivitas program-program perusahaan.
Aktivitas-aktivitas pemasaran
seharusnya dilaksanakan dengan mempertimbvangkan efisiensi, efektivitas dan
tanggung jawab sosial pemasaran. Didalam khasanah pemasaran terdapat lima
konsep yang mendasari aktivitas pemasaran perusahaan:
konsep produksi
konsep produk
konsep penjualan
konsep pemasaran
konsep pemasaran sosial
4. Mengembangkan strategi pemasaran
Strategi pemasarn (marketing
strategy) adalah sebuah rencana yang memungkinkan perusahaan mengoptimalkan
penggunaan sumebr dayanya untuk mencapai tujuan pemasaran dan perusahaan.
Isu strategi pemasaran adalah:
Seleksi dan Evaluasi pasar sasaran
Pasar sasaran adalah kelompok
orang yang dijadikan sasaran dari semua usaha pemasaran perusahaan. Dalam
penentuan pasar sasaran perusahaan perlu mepertimbangkan pengaruh pasar sasaran
terhadap tingkat penjualan perusahaan, biaya dan laba.
Merancang dan menyusun bauran pemasaran
(Marketing Mix)
Marketing mix adalah sekumpulan
alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran pada
pasar sasaran E. Jerome McCarthy menamai alat alat pemasaran itu "the four
Ps of Marketing". 4P yang dimaksudkan adalah Product (Produk), Price
(Harga), Promotion (Promosi) dan Place (Tempat).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar