Peluang pasar adalah suatu bidang
kebutuhan pembeli dimana perusahaan dapat beroperasi secara menguntungkan
Potensi pasar adalah batas yang
didekati oleh permintaan ketika pengeluaran pemasaran industri mendekati tak
terhingga untuk lingkungan yang telah ditentukan
Membaca peluang pasar merupakan hal
yang esensial yang wajib hukumnya bagi seorang entrepreneur. Membaca peluang
pasar tidak hanya dilakukan untuk bagi seorang entrepreneur yang ingin memulai
usahanya, namun sebagai pondasi saat kita bergelut di dunia bisnis. Karena
kelihaian kita dalam membaca peluang pasar tidak hanya dilakukan untuk memulai
suatu usaha, namun keahlian dalam membaca peluang usaha ini juga harus dimiliki
kita kita ingin mengembangkan usaha kita, melakukan segmentasi pasar, maupun
pada saat melakukan perluasan usaha Namun seringkali, kemampuan membaca peluang
pasar ini seringkali tidak pas sasaran, sehingga apa yang telah menjadi
ekspektasi pada saat kita memulai usaha seringkali tidak tercapai pertama-tama kita harus teliti dahulu
konsep dari melihat peluang usaha.
Apa yang kita inginkan dari melihat peluang usaha
atau peluang bisnis? Jenis bisnis atau usaha untuk kita tekuni, benar. Apa yang
kita cari dari usaha atau bisnis yang kita tekuni?
Melihat
Membaca
peluang pasar diibaratkan seperti seorang anak yang ingin membaca,namun sebelum
ia bisa membaca ia harus bisa melihat hal apa saja yang harus ia baca .. Dalam
konteks membaca peluang pasar, maksud dari melihat disini adalah kita melihat
apa yang menjadi masalah dari fenomena-fenomena yang ada di sekitar kita dan
siapa yang mengalami masalah tersebut, yang kemudian kita cari celah agar
kita dapat menembus peluang di dalam celah-celah kecil tersebut.
Mendengar
Mendengar
dalam hal ini maksudnya adalah bagaimana kita mengetahui secara langsung
tentang kebenaran masalah yang terjadi di pasar. Mendengar disini juga memiliki
tujuan agar kita mengenal lebih dekat dengan konsumen, sehingga masalah yang
didapatkan lebih tepat sasaran.
Membaca
Setelah
kita melihat dan mendengar mengenai masalah yang terjadi, kemudian semuanya
kita baca perlahan tentang apa yang telah kita lihat dan dengar. Penting untuk
diingat, kita membaca bukan untuk menghafal, tetapi untuk memahami. Demikian
juga yang terjadi pada tahap membaca berikut ini, usaha kita tidak akan pernah
sukses apabila kita terpatok pada teori. Sebaliknya apabila kita memahami apa
yang telah kita lihat dan dengar, hasilnya akan lebih baik daripada kita
menghafal.
Selain
itu juga dalam tahap membaca ini, perlu diingat bahwa jangan ada satupun poin
yang terlewatkan untuk dibaca, dipahami, dan dianalisis. Karena seberapa
kecilpun poin yang telah dihasilkan, akan memiliki peranan yang cukup dapat
diperhitungkan dalam kesimpulan akhir yang dibuat.
Menulis
Menulis
adalah tahap terakhir dari keempat hal yang dilakukan oleh seorang anak kecil
kita ia akan mempelajari hal baru. Setelah kita melihat, mendengar, dan membaca
, kita perlu untuk menuangkan semua analisis yang telah diambil dalam tahap
membaca. Semua poin harus tertuang baik-baik di dalam sebuah tulisan yang
kemudian akan menjadi tolak-ukur atau pegangan yang akan menuntun kita saat
kita benar-benar terjun dalam mengaplikasikan semua itu.
Sebelum anda memulai
usaha, anda juga harus mempertimbangkan hal penting dalam memulai usaha.
Seperti :
1.
Jenis usaha.
2. Jenis produk
3. Target konsumen
4. Lingkungan
5. Legalitas
6. Beresiko kecil
7. Modal
Cara Membaca Peluang
Pasar
Ide bisnis ada di sekitar kita. Ide bisnis berasal dari analisis yang cermat terhadap tren pasar dan kebutuhan konsumen, meskipun ada juga ide bisnis yang diperoleh secara kebetulan. Jika Anda tertarik untuk memulai suatu usaha, tetapi tidak tahu apa produk atau jasa yang akan Anda jual, maka anda perlu mengeksplorasi cara-cara untuk mendapatkan ide bisnis, seperti yang kami paparkan berikut ini:
1) Tanyakan pada diri Anda, keterampilan apa yang Anda miliki
Apakah Anda memiliki bakat atau prestasi yang terbukti yang bisa menjadi dasar dari bisnis yang menguntungkan?
Untuk menemukan ide bisnis yang layak, tanyakan pada diri sendiri, "Apa yang bisa saya lakukan, apa kemampuan yang saya miliki dan orang akan bersedia membayar produk atau jasa saya tersebut?"
2) Pikirkan apa yang lagi ngetrend saat ini yang dapat menjadi peluang bisnis.
Jika Anda membaca atau menonton berita secara teratur dengan penuh minat, maka Anda akan takjub melihat betapa banyak ide peluang bisnis yang dapat ditemukan. Dengan mengikuti perkembangan berita sambil terus melakukan aktivitas, Anda dapat mengidentifikasi tren pasar, mode baru, berita industri - dan kadang-kadang hanya ide-ide baru yang memiliki kemungkinan bisnis.
3) Ciptakan produk atau jasa baru
Mari kita pikirkan keadaan 30 tahun yang lalu. Apakah ada permintaan besar terhadap software anti-virus anda Internet Service Provider? Tidak ada! Produk-produk tersebut lahir dari masalah dan kebutuhan yang harus dipenuhi. Sekarang, anak-anak muda Indonesia banyak berkecimpung di dunia bisnis IT, seperti membangun aplikasi smartphone.
4) Tambahkan nilai produk yang sudah ada
Perbedaan antara kayu mentah dan kayu jadi merupakan contoh dari penambahan nilai produk melalui suatu proses. Selain penambahan nilai melalui proses, Anda juga dapat menambah layanan, atau menggabungkan produk dengan produk lainnya. Misalnya menyediakan layanan delivery disamping layanan pada gerai.
Dari keempat contoh terdahulu, tampak bahwa ide bisnis dapat ditemukan dengan mudah. Namun menemukan ide bisnis sekaligus menjadi peluang usaha tidak selalu mudah, sebagian diperoleh lewat pengamatan dan analisis yang lebih seksama.
5) Penelitian pasar
Pencarian ide bisnis atau peluang usaha melalui penelitian pasar ini sangat penting dilakukan untuk jenis usaha yang membutuhkan investasi yang cukup besar..
"Peluang Adalah EMAS", istilah itu memang bukan mengada-ngada, peluang memang di ibaratkan sebagai emas yang bernilai yang sayang jika harus dilewatkan. Jika anda ingin menjadi seorang pengusaha sukses,maka jangan sekali-sekali mengabaikan peluang usaha yang ada yang sebenarnya banyak disekitar kita. Peluang itu banyak sekali, menarik, dan indah. Tetapi dalam kenyataan hidup tidak banyak orang yang bisa memanfaatkan peluang yang ada. Bahkan banyak yang meninggalkan peluang, meskipun peluang-peluang itu sudah di depan mata atau di samping dirinya. karena kita serasa bingung untuk memanfaatkannya,serta harus dimulai dari mana padahal peluang itu hanya datang satu kali saja.bisa saja jika kita melewatkan peluang tersebut yang menurut kita itu peluang usaha yang niche atau bagus lantas keburu diambil oleh orang lain.
Peluang berarti juga
pasar. Jika seseorang ingin berhasil, apalagi berhasil sebagai entrepreneur,
dia harus bisa secara cerdik menangkap dan memanfaatkan peluang, kemudian
mengambil keputusan yang tepat agar memenangkan persaingan di pasar.Dengan
kreativitas berarti seseorang bisa secara bersama-sama menciptakan atau menangkap
peluang dan memaksimalkan resources lain yang bisa mendukung agar
peluang-peluang dan kreativitas itu menjadi berhasil.Dan agar peluang-peluang
dan kreativitas itu berhasil dibutuhkan komunikasi yang baik. Bagi seorang
entrepreneur, keterampilan berkomunikasi itu sangat penting. Segala ide dan
kreativitas yang ada pada diri seorang entrepreneur harus bisa dikomunikasikan
dengan baik ke pasar.
Seorang entrepreneur
harus rajin pergi ke mana saja, untuk mengkomunikasikan ide dan kreativitasnya.
Dengan komunikasi yang baik, seorang entrepreneur harus punya keyakinan bahwa
ide dan kreativitasnya itu bisa diterima pasar,Memang tidak lah mudah bagi
seseorang untuk bisa memanfaatkan peluang usaha dengan cara memanfaatkannya
atau mempraktekannya dalam dunia wirausaha yang sesungguhnya.Ini akan terasa
berat karena selain membutuhkan ketekunan, tenaga juga modal yang jumlahnya
relatif.
Berikut
tips cara memanfaatkan peluang usaha :
1.
Melakukan Riset Pasar 2. Mempersiapkan dan menyusun rencana
3. Patuh terhadap aturan
4. Strategi Pemasaran yang tepat sasaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar